Yang Aktivitasnya Duduk lebih dari 5 Jam Setiap Harinya Wajib Baca ini : Efek Duduk Lama


Yang Aktivitasnya duduk lebih dari 5 Jam Setiap Harinya Wajib Baca ini :Efek Duduk Lama


Apakah Anda setiap harinya bekerja atau aktivitas dalam kesehariannya dalam posisi duduk dengan jangka waktu yang lama? Adakah efek samping jika kita duduk terlalu lama dengan kesehatan kita? Berikut ini penjelasannya

Duduk untuk waktu yang lama telah dikaitkan dengan obesitas, diabetes dan penyakit jantung bahkan sekarang sudah ada bukti baru, hal itu juga dapat meningkatkan risiko penyakit hati, menurut studi baru dari Korea Selatan.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa orang yang duduk selama 10 jam atau lebih setiap hari memiliki risiko 9 persen lebih besar terkena suatu kondisi yang disebut penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) dari pada mereka yang menghabiskan kurang dari lima jam duduk dalam sehari.

Aktivitas fisik juga memainkan peran penting dalam risiko orang terkena NAFLD. Mereka yang aktif secara fisik 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit ini dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

“ Jumlah waktu yang dihabiskan melakukan aktivitas menetap seperti duduk di depan komputer atau nonton TV telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir,” kata peneliti Dr. Seungho Ryu, seperti dilansir laman Fox News.

Dalam studi tersebut, para peneliti meneliti lebih dari 139.000 pria korea dan wanita yang melaporkan tingkat aktivitas fisik dan waktu duduk. NAFLD dikonfirmasi menggunakan ultrasound.
Studi ini menunjukkan bahwa aktifitas fisik secara teratur bahkan pada intensitas tinggi tidak sepenuhnya melindungi terhadap risiko yang terkait dengan lama duduk.

“ Tubuh kita dirancang untuk bergerak dan tidak mengherankan bahwa perilaku menetap ditandai dengan aktivitas otot yang rendah memiliki dampak langsung pada fisiologi,” Michael Trenell, seorang professor metabolism di Newcastle University di inggris.

Perilaku menetap atau kurang bergerak dalam keseharian dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan bisa menurunkan fungsi kardiovaskuler. Pada orang dengan resistensi insulin, sel sel tubuh kehilangan kemampuan mereka untuk merespon insulin dengan mengambil gula dari darah yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dan kadang kadang, diabetes tipe 2.

Ayo banyak bergerak,, dan sempatkan olahraga ya agar tubuh tetap segar dan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Yang Aktivitasnya Duduk lebih dari 5 Jam Setiap Harinya Wajib Baca ini : Efek Duduk Lama"

  1. Wah,, ternyata dampaknya jelek ya kalo kelamaan duduk, nah gimana solusi bagi yang dalam pekerjaanya lebih banyak duduknya,,

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Baik sesuai dengan Topik Pembahasan, tidak dibenarkan berkomentar mengandung SARA