Tahukah Anda Bahwa Bawang Dayak Ampuh untuk Mengatasi Gangguan Kulit?

Tahukah Anda Bahwa Bawang Dayak Ampuh untuk Mengatasi Gangguan Kulit?

Bawang Dayak adalah bawang dengan aneka manfaat, Masyarakat Kalimantan secara turun temurun menggunakannya untuk mengatasi penyakit akibat pertumbuhan sel yang abnormal, seperti kista, mioma dan kanker. Suku Dayak memanfaatkannya untuk mengatasi air seni yang tidak lancer, sembelit, bisul, stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta dipakai sebagai minuman untuk ibu ibu usai melahirkan.

Di Thailand bawang ini digunakan dalam masakan tradisional. Tapi masyarakat Negeri Gajah Putih itu juga menggunakannya bersama dengan kencur untuk mengobati batuk pada anak. Di Amerika Selatan dan Amerika Serikat tanaman yang juga bernama bawang berlian atau bawang sabrang tersebut lazim dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Masyarakat Tiongkok memanfaatkannya sebagai tanaman hias, bumbu masak dan obat tradisional untuk pencahar serta untuk mengatasi flu dan gangguan jantung. Sementara di Filipina umbinya digunakan untuk meredakan mules pada anak anak dan air rebusannya di manfaatkan sebagai pelancar urine (diuretic).

Bulbus alias umbi tanaman ini mengandung fenol, sterol, flobatanin, protein, steroid, tannin dan penurun gula. Umbi tanaman ini jufa memiliki aktivitas anti mikroba untuk melawan bakteri Stophylococcus aureus dan Acetobacter bourmani. Kedua bakteri ini menimbulkan gangguan pada pencernaan. Selain itu, kandungan bulbus ini sangat ampuh digunakan sebagai penangkal jamur yang dapat menyerang kulit.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa zona penghambatan melawan Trichophyton Mentogrophutes sebesar 7mm, 8mm, 13mm, 16mm, 17mm, dan 14mm. Trichophyton Mentogrophutes adalah jamur penyebab berbagai penyakit dan salah satunya adalah infeksi kulit yang menyerang kaki, tepatnya bagian sela sela jari kaki dan kuku. Ini artinya bulbus atau umbi bawang dayak ampuh untuk mengatasi penyakit kulit.

Jika informasi yang ada pada artikel ini dirasa bermanfaat jangan sungkan untuk mensharenya ya,,,

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tahukah Anda Bahwa Bawang Dayak Ampuh untuk Mengatasi Gangguan Kulit?"

  1. Jika memang benar bawang dayak ada khasiatnya, dimana yg ada ya kang,, kasih info dong, coba aja ada gambarnya sapa tau di lingkungan deket rumah ada yg tumbuh liar gtu

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Baik sesuai dengan Topik Pembahasan, tidak dibenarkan berkomentar mengandung SARA