Pentingnya Nutrisi yang Seimbang bagi Kesehatan Tubuh

goletekno.com - Nutrisi Seimbang, Apakah nutrisi yang seimbang itu? Nutrisi yang seimbang atau diet yang benar, yang terangkum dalam ilmu pangan berarti nutrisi makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan mempunyai dua maksud : yang pertama ialah agar kalori dan unsur unsur nutrisi dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga dapat menghindari kekurangan unsur unsur nutrisi dalam semua organ; yang kedua ialah untuk membentuk keseimbangan psikologis di antara nutrisi sehingga dapat memperkuat susunan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Dengan perkembangan berturut turut dalam bidang obat obatan di dunia, terutama perkembangan besar dalam bidang biologi seluler dan biologi molekuler di dekade terakhir ini, penelitian tentang ilmu pangan telah memasuki tingkat sub seluler dan sub molekuler di mana bidang studi secara berangsur angsur diperluas dari penelitian penelitian sebelumnya yang sederhana tentang kebutuhan tubuh akan unsur unsur dan nilai nilai nutrisi sebagai makanan ke segala penelitian memutar mengenai hubungan antara nutrisi dan penyakit, nutrisi masyarakat dan sebagainya.

Dewasa ini banyak pakar nutrisi dan mahasiswa di berbagai negara mulai menyadari bahwa nutrisi dan diet merupakan penyebab dari beberapa penyakit kronis atau metode penting untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Di Masyarakat mereka tidak lagi puas memakai produk produk kesehatan dan bernutrisi hanya untuk menghindari kekurangan nutrisi dan mencegah penyakit kekurangan penyakit. Sebaliknya, semakin banyak orang menyadari pentingnya nutrisi yang seimbang, hubungan antara nutrisi dengan penyakit, kemungkinan timbulnya penyakit yang disebabkan karena ketidak seimbangan nutrisi, makin banyaknya orang yang terserang tumor. Sebagai contoh, nutrisi yang tidak seimbang mempunyai hubungan erat dengan kegemukan, penyakit jantung koroner, diabetes dan arterioskelerosis.

Oleh karena itu, pada abad ke 21, masalah turun temurun tentang nutrisi buruk dan kekurangan nutrisi harus dipecahkan, begitu juga masalah penyakit kronis dan penyakit menahun karena kekurangan nutrisi, sehingga nutrisi seimbang  dapat tercapai, di mana diet yang benar dan nutrisi yang seimbang merupakan jaminan penting untuk menyediakan tenaga, mengubah jaringan, melindungi fungsi fungsi organ, menyesuaikan metabolisme, melancarkan perkembangan dan generasi organ, mengundurkan usia tua dan mencegah penyakit serta memperpanjang hidup.

Nutrisi yang seimbang sesungguhnya mempertinggi keseimbangan dari berbagai unsur nutrisi seperti perimbangan dari tiga zat pembangkit tenaga yang penting (gula, lemak dan protein) sebagai sumber kalori, keseimbangan asam amino yang diperlukan dalam protein, keseimbangan antara asam lemak jenuh dan tak jenuh, keseimbangan antara makanan hewani dan nabati, dan sebagainya. Dalam hal keseimbangan ini, orang yang berbeda mempunyai kondisi dan syarat syarat yang berbeda, ambilah orang orang yang kurang sehat sebagai contoh, kebanyakan dari mereka biasanya mudah menjadi lelah dan tidak enak badan, kurang baik pencernaannya,sangat sukar mengingat, suasana hati yang kacau karena tekanan pekerjaan, dan apabila mereka tidak dapat mengubah lingkungan, setidaknya mereka dapat membiasakan diri dengan tuntunan pekerjaan dengan cara menyelaraskan struktur diet untuk meningkatkan kekuatan fisik dan tenaga.

Ada suatu persamaan dalam kelompok orang orang tersebut yaitu relatif kurangnya kalsium, magnesium, selenium dan vitamin B sehingga mereka khususnya harus mengutamakan suplemen dari unsur unsur nutrisi tersebut.

Apabila dalam keadaan sakit,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Nutrisi yang Seimbang bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik sesuai dengan Topik Pembahasan, tidak dibenarkan berkomentar mengandung SARA